Sabtu, 20 Oktober 2012

interferensi gelombang


Tugas Fisika Dasar 3
Nama : Andi Supriyadi
Npm : 20411748
Kelas : 2 IC 06

1.Interferensi Gelombang Cahaya.
Interferensi adalah superposisi dua buah gelombang atau lebih,interferensi dapat terjadi pada gelombang mekanis atau gelombang cahaya.
Interferensi Gelombang Cahaya,
Adalah perpaduan dari 2 gelombang cahaya.
Agar hasil interferensinya mempunyai pola yang teratur, kedua gelombang cahaya harus koheren, yaitu memiliki frekuensi dan amplitudo yg sama serta selisih fase tetap.
Pola hasil interferensi ini dapat ditangkap pada layar, yaitu
  • Garis terang, merupakan hasil interferensi maksimum (saling memperkuat atau konstruktif)
  • Garis gelap, merupakan hasil interferensi minimum (saling memperlemah atau destruktif)
Syarat interferensi maksimum :
Interferensi maksimum terjadi jika kedua gelombang memiliki fase yg sama (sefase), yaitu jika selisih lintasannya sama dgn nol atau bilangan bulat kali panjang gelombang λ.
Syarat interferensi minimum
Interferensi minimum terjadi jika beda fase kedua gel 180o, yaitu jika selisih lintasannya sama dgn bilangan ganjil kali setengah λ.

2.Interferensi Gelombang Riak Air.
Yang dimaksud dengan interferensi gelombang riak air adalah
Interferensi pada tangki riak,contohnya : putaran baterai yang dikaitkan pada kedua ban mobil mainan (tamiya) yang sudah dinyalakan akan menghasilkan dua gelombang pada air yang akhirnya membentuk interferensi gelombang.
Pada tangki riak, dua sumber koheren adalah dua pembangkit gelombang berbentuk bola yang digetarkan oleh satu batang penggetar. Muka gelombang yang dihasilkan pembangkit bola berbentuk lingkaran.

3.Pemaparan singkat Teori Young.
Christiaan Huygens menyatakan dalam abad ke 17 yang cahaya di pancarkan ke semua arah sebagai ciri-ciri gelombang, Pandangan ini menggantikan teori partikel halus. Ini disebabkan oleh karena gelombang tidak diganggu oleh gravitasi,dan gelombang menjadi lebih lambat ketika memasuki medium yang lebih padat, Teori gelombang ini menyatakan bahwa gelombang cahaya akan berinterferensi dengan gelombang cahaya lain seperti gelombang bunyi (seperti yang disebut oleh thomas young pada kurun ke 18) dan cahaya dapat dipolarisasikan . Kelemahan teori ini adalah gelombang cahaya seperti gelombang bunyi, memerlukan medium untuk dihantar . Suatu hipotesis yang disebut luminiferous aether telah diusulkan , tetapi hipotesis itu tidak disetujui

4.Perbedaan Interferensi dan Difraksi.
Interferensi
adalah superposisi dua buah gelombang atau lebih,interferensi dapat terjadi pada gelombang mekanis atau gelombang cahaya.
Difraksi
adalah peristiwa pembelokan gelombang saat melewati suatu objek (misalnya berupa rintangan ataupun celah).

SUMBER :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar